iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Pendidikan dan Modernisasi

Pendidikan dan Modernisasi


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana melalui bimbingan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan menumbuhkan nilai spritual demi mewujudkan perannya di masa depan. 

Pendidikan itu modal kita dalam menghafapi modernisasi dengan segala aspeknya. Modernisasi adalah suatu proses perubahan dari keadaan tradisional menuju masyarakat yang lebih modern. Modernisasilah yang mendorong kita untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. 

Sekarang kita berada pada era Revolusi Industri 5.0, di mana informasi sangat mudah didapat. Teknologi informasi (IT) yang berkembang pesat memicu semua orang agar dapat menggunakannya. 

Pendidikan berperan penting dalam membantu kita berpikir kritis, menyaring informasi di media (sosial). Melalui Pendidikan, manusia bisa mengembangkan potensi yg ada di dalam dirinya untuk terus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. 

Pendidikan akan memberikan efek positif bagi aspek emosional, intelektual, kesehatan mental, dan aktivitas sosial lainnya. Sebab, pendidikan adalah wadah yang membimbing kita kepada proses kedewasaan. 

Kita dapat menemukan beberapa dampak positif dan perkembangan zaman pada lingkup pendidikan, yakni memudahkan peserta didik dalam mencari referensi di bidang ilmu pengetahuan. Namun dampak negatifnya adalah terdapatnya berbagai macam dampak situs-situs yg tidak mendidik dan memecahkan persatuan bangsa. 

Remaja yg terjerumus kedalam pergaulan bebas, juga remaja yg sok kebarat-baratan akan merusak generasi penerus bangsa ini. Maka, pedidikan adalah media dan sarana dalam membantu remaja dalam menghadapi modernisasi. 

Dengan pendidikan yang adaptip dengan artificial intelligent (AI) di era revolusi industri 5.0, kaum remaja hatusnya mampu bersaing di dunia global. 

Penulis: siswa-siswi SMAN 1 Kabanjahe (Amigo Yadah Gibran Manik, Yori Sembiring, Rachel Marlina Bangun, Reka Kristi Peranginangin, Joyadaibrena Brahmana

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.