iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Narkoba

Narkoba


Narkoba (Narkotika, biskotropika, dan bahan adiktif berbahaya lainnya yg dimasukkan dalam tubuh manusia baik secara oral diminum, dihirup, maupun suntikan). 

Sebagaimana kita tahu, masa remaja ialah masa perubahan/peralihan dari anak-anak ke masa dewasa yg meliputi perubahan biologis, perubahan psikologis, dan perubahan sosial. 

Remaja dapat diklasifikasikan menjadi 3 tingkatan, yakni: masa remaja awal (12-15 thn), pertegahan (15-18 thn) , dan masa remaja akhir (18-21 thn). Remaja diusia 15-18 tahun masih labil. 

Pemikirannya belum matang dan emosinya masih labil. Mereka yg ada di rentang usia ini masih sangat mudah dipengaharui oleh lingkungan dan orang sekitarnya. 

Itu sebabnya, di masa ini banyak remaja melarikan diri dari masalah dengan menggunakan narkoba. Hal ini disebabkan olch banyak faktar dan faktor yg paling mendukung adalah faktor pergaulan dan hingkungan sekitar. 

Faktor penyebab lainnya adalah faktor keluarga, ekonomi, sosial, kepribadian, lingkungan pergaulan, dst. Remaja yg terjerumus pada pergaulan bebas pastu dengan mudah mendapatkan akses untuk memperoleh dan mencoba narkoba. 

Biasanya mereka tidak tahu, bahkan bila tahu sekalipun mereka tidak menyadari akibat dari narkoba. Bisa jadi mereka mulai dengan merokok, tapi tak,sadar bahaya rokok itu sendiri. Rokok memang masih dalam jenis narkoba ringan. 

Namun kita tahu kalau teman-teman kita di sekolah juga sudah ada yg merokok. Kami membentangkan ilustrasi mengapa narkoba bisa menjadi pelarian remaja. Searang remaja bernama Andi (16 tahun) mengalami masalah keluarga. 

Karena situasi tersebut ia tidak memiliki kepercayaan diri dan cenderung pendiam, apalagi di lingkungan sekolah ia sering dirundung teman-temannya. Andi mencoba rokok untuk menenangkan dirinya. 

Awalnya ia coba-coba, tapi lama-lama ia merasa ketagihan. Andi lalu naik level, memakai ganja. Ia mendapatkan ganja dari bandar narkoba. 

Akhirnya Andi mengkonsumsi narkoba. Padahal seharusnya andi tidak perlu melarikan diri ke narkoba. Banyak hal positif yg bisa ia lakukan, seperti membaca buku, belajar, menonton film, dst. 

Kabanjahe, 14 Juni 2023
Penulit: siswa-siswi SMAN 1 Kabanjahe #Cathrine #Tachya #SriRendy #Viola

lusius-sinurat

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.