iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Demokrasi

demokrasi


Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pergambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. 

Tanpa demokrasi, warga negara sulit untuk menyuarakan pendapatnya, sehingga sistem pemerintahan di negara tsb. tidak berjalan semsatinya. Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. 

Proses demokrasi di Indonesia bahkan sudah mulai mengalami kemajuan, di mana partisipasi pemilih telah mencapai 70%. 

Kendati proses demokrasi di negara kita masih sarat dgn berbagai kekurangan dan kelemahan, seperti maaih maraknya kecurangan di setiqp pesra demokrasi. Generasi muda merupakan partisipan, penggerak awal demokrasi. 

Sikap pasif kaum muda akan menjadi suatu proses pelemahan demokrasi, karena mereka adalah generasi yang sangat kritis dalam menganalisis regulasi dan jeli memilih pemimpin yang tepat untuk kemajuan negaranya. 

 Berikut beberapa kasus yg kami angkat tentang ketidaksesuaian demokrasi: 

#Ancaman / intimidasi 
Tak jarang terdapat para caleg yang menyewa preman ataupun ormas untuk mongancam masyarakat yang lemah. Jika tidak memilih calog tersebut, maka preman atau ormas yang disewa akan merusak fasilitas yang dimiliki oleh masyarakat lemah. 

#Politik Uang 
Seperti yang kita ketahui, remilu rebentar lagi akan kembali dilaksanakan. Banyak para caleg yang mendekatkan diri dengan masyarakat untuk mendapat dukungan dari suara rakyat dgn cara melakukan politik uang. 

Dalam hal ini, peran aktif pemuda akan sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilu. Peran itu dapat direalisasikan dengan ikut menjadi penyelenggara ataupun pengawas. 

Mereka dapat menjadi pengawas Kecamatan atau Kelurahan. Pemuda juga bisa terlibat langsung sbg relawan pemilu dengan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat. 

Keberanian dan keterbukaan sikap pemuda yang kritis bisa menjadi formula yang efektif untuk menangkal politik uang maupun politik yang menyimpang. 

Maka dari itu, sebagai bangsa yg demokratis, negara harus mengakomodasi aspirasi atau suara rakyat dengan tetap menjaga harmoni dan stabilitas politik. 

Kabanjahe, 14 Juni 2023
Penulis: siswa-siswi SMAN 1 Kabanjahe (Abram, Sabrina, Ruby, Jihan, Natasya)
Penyunting: lusius-sinurat

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.